Cara Mengukur Asam Basa Cairan Tubuh

Tubuh manusia hampir mencapai 90 persen akan cairan, cairan tersebut berguna untuk menyeimbangkan kebutuhan akan air di dalam tubuh. Sifat cairan pada tubuh manusia ada yang bersifat asam dan juga ada yang bersifat basa. Cara Mengukur Asam Basa Cairan Tubuh adalah menggunakan kertas lakmus yang sekarang sudah terjual bebas.



 Akan diterangkan tentang asam dan basa cairan tubuh manusia dan cara mengukur asam basa. Anda membutuhkan kertas lakmus (kertas pH), kemudian anda hanya perlu memasukan kertas pH tsb kedalam air seni anda yang pertama kali dikeluarkan di pagi hari dan kemudian bandingkan warna yang didapati dengan standar yang ada di dalam kemasan kertas pH. Angka yang optimal itu berada pada kisaran 6,5 – 7,5. Setiap angka dibawah angka 7,0 berarti urin anda berada pada daerah asam. Semakin rendah angkanya maka semakin tinggi tingkat keasaman tubuh anda. Angka ini merupakan angka logaritmik sehingga angka 6,0 berarti 10 kali lebih asam dibandingkan dengan angka 7,0, sedangkan angka 5,0 berarti memiliki tingkat keasaman 100 kali lebih tinggi dibandingkan dengan angka 7.0.

 Sifat Asam

Pernahkah anda merasakan buah-buahan yang belum matang, misalnya mangga yang masih mentah, Buah-buahan yang masih muda umumnya berasa masam. Buah apel, buah nanas, buah jeruk, dan buah tomat walaupun telah matang kadang-kadang juga berasa masam meskipun sedikit. Selain pada buah-buahan, rasa masam juga terdapat pada asam kandis, asam kawak, dan cuka dapur. Kita juga merasakan masam di mulut jika lambung menghasilkan asam lambung berlebihan. Di dalam lambung, ada sejenis asam yang disebut asam lambung, yang mempunyai rumus kimia HCL (asam klorida). Asam lambung berperan dalam mengasamkan makanan sehingga mudah dicerna dan membunuh bibit penyakit. Sesungguhnya rasa masam yang terkandung dalam buah-buahan atau cairan lambung berasal dari suatu zat kimia yang disebut asam. Selain berasa masam, sifat asam yang lain adalah dapat menyebabkan karat pada logam dan batu marmer.

Bila tubuh anda dalam kondisi asam, maka mineral yang ada di dalam jaringan terutama zat kalsium dan organ akan diambil untuk menormalkan kondisi asam tersebut yang dapat menyebabkan peradangan, nyeri sendi, rapuh tulang hingga masalah kanker. Kondisi tubuh yang asam juga bisa berakibat pada menurunnya kemampuan Hb (Haemoglobin) menangkap oksigen sehingga virus, bakteri, patogen penyakit lainnya mudah berkembang. Pada tingkat pH 6,9 tubuh mulai rentan terhadap infeksi virus yang umum seperti deman, batuk dan flu.

Sel-sel kanker tumbuh dengan subur di dalam tubuh pada pH 5,5. Makin rendah tingkat pH, makin asam orang tersebut, maka makin tinggi racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan peningkatan resiko untuk terserang infeksi dan penyakit. Dengan kata lain, kondisi tubuh kita semakin asam, kita lebih mudah terserang penyakit-penyakit kronis dan kanker, sebaliknya ketika kondisi tubuh semakin basa, kita mampu untuk menjauhi penyakit-penyakit degenratif seperti kanker, darah tinggi, diabetes, dll.

Sifat Basah

Apa yang anda rasakan pada saat mandi atau mencuci dengan menggunakan sabun? Pada saat mandi atau mencuci dengan menggunakan sabun, kita pasti terbiasa dengan sentuhan sabun yang terasa licin. Sabun mengandung zat yang disebut basa. Basa dapat bereaksi dengan protein di dalam kulit sehingga sel-sel kulit akan mengalami pergantian. Proses ini biasa kita sebut dengan pembersihan. Basa merupakan suatu zat yang dapat menetralkan sifat asam sehingga menghasilkan air. Misalnya, jika kita merasa kurang nyaman akibat gangguan lambung yang memproduksi asam lambung berlebihan, maka untuk menyembuhkannya kita dapat minum obat maag yang mengandung bahan kimia penetral asam, yaitu aluminium hidroksida.

Basa juga merupakan zat yang dapat menghasilkan ion hidroksida dalam air. Basa dapat menetralkan asam yang dapat menghasilkan air. Larutan basa juga memiliki rasa agak pahit. Oleh karena itu, ketika busa sabun masuk ke mulut saat mandi, kita dapat merasakan pahit. Selain itu, beberapa larutan yang bersifat basa antara lain air kapur, air abu, larutan sabun, larutan amonium hidroksida, dan larutan soda.

pH juga digunakan untuk mengukur keseimbangan asam basa dalam tubuh. Makin tinggi nilai pH tubuh manusia maka zat itu makin bersifat basa dan kaya oksigen. Makin rendah nilai pH tubuh manusia maka zat itu makin bersifat asam dan sedikit oksigen. Bila kita tidak menemukan kertas lakmus, jangan cepat kecewa. Ada cara alami/alternative lain yang dapat dipakai untuk mengetahui tubuh asam atau basah. Bila tubuh dalam keadaan berkeringat, coba angkat tangan kanan dan cium ketiak. Kalau ada baunya disertai bau badan, itu bertanda bahwa tubuh sedang asam sedang bila tidak ada baunya, berarti tubuh kita basa. Namun lebih tepat, untuk mengukur pH tubuh harus dengan kertas lakmus. Rentang nilai pH adalah dari 0 sampai dengan 14. 7,0 adalah netral. Bila di atas 7 disebut basa, dan bila di bawah 7 dianggap asam. Semua manusia yang sehat lahir dengan cairan dan jaringan tubuh bersifat sedikit basa (pH tinggi). Sejalan dengan waktu, dalam kehidupan modern, jaringan dan cairan tubuh sering menjadi asam (pH rendah) dari makanan, minuman, obat-obatan, polusi dan stress, yang diserap setiap hari.